Categories
Mesin Ketik

Remove ThinkPad x230 Wifi Card Whitelist using IvyRain

Jadi di edisi kali ini mau nitip catetan daripada besok kelupaan kalo butuh.

Hackintosh on X230

Sebagaimana di post awal, Ngadimin 2.0 saat ini sedang ditemani Thinkpad X230 buat ngetik. Ada sedikit batasan di mesin seri Thinkpad yang satu ini : wifi card yang dilock oleh pabrik, dalam artian saat dipakein wifi card yang tidak terlist oleh Lenovo mesin bakalan stuck saat proses POST. Hasil googling untuk wifi card yang mengikuti standar/approved adalah jajaran dari Intel.

Ada sedikit cerita dibalik iseng makein wifi card lain. Saat ini mesin Ngadimin install hackintosh hasil berguru di Mbah Jack,nyomot EFI folder & step-by-step beliau dengan beberapa step sedikit modifikasi.

Satu yang nyantol saat X230 ini dikasihin hackintosh adalah tidak berfungsinya wifi card intel karena by nature hardware wifi Apple tidak ada yang berawal dari intel di dalamnya (kok jadi kayak iklan). Sebenarnya case ini sudah solved dengan beli wifi dongle TP-Link TL WN725N dengan harga sekitar 90 ribu. Driver untuk MacOS juga available update di website resmi TP-Link.

Kekurangan dengan pakai dongle adalah berkurangnya jumlah USB port yang available, dari total 2 USB 3.0 + 1 USB 2.0 hanya tinggal 2. Secara prakteknya, Ngadimin biasa nyolok Mouse saja sih, jadi sebenarnya bukan kendala juga. Namun karena by nature sudah pengen ngoprek, akhirnya nyari-nyari yang supported di Mojave 10.14.6.

Wifi Card on X230

Bergerilya ngecekin laptop temen-temen kantor nemu di laptop SNSV jadul punya Pak Ari, pakai chipset Atheros AR9285 yang menurut Wireless Buyer Guide by dortania on github support, akhirnya berniat tukar guling.

Tapi semuanya berubah saat negara api menyerang on the way ngebongkar laptop Pak Ari cukup rumit hanya untuk dismantle wifi card. Butuh bongkar semua komponen yang mana jumlah screw yang keluar kurang lebih hampir 40an. Udah mbathin ini entar bakaln banyak banget yang kelewat kalo dipasang ulang.

screw you /eh

Dan benar saja ketika proses selesai dan dicoba nyalain ulang laptop teman, ada bau gosong langsung cabut power. Ternyata ada slot motherboard yang belum terpasang sempurna. Ada kurang lebih 3-4 bagian motherboard terhubung dengan socket pin yang sedikit njelimet. Test ulang setelah semua socket tercolok dengan benar, colok ke power source & power on hasilnya no display, masih bisa dipakein external & suspect kena controller storage juga karena mesin jadi ga nemu boot device. Alhasil kudu beliin pengganti nih, nanti Pak Ari ga kerja, hehehe.

Remove BIOS Whitelist on X230

Sembari nyari laptop pengganti (yang akhirnya dibeliin laptop yang sama : x230 bekas dengan harga 1800 kosongan tanpa storage/ram) dilanjut untuk unlock whitelist laptop existing. Prosesnya cukup mudah, nyomot dari guide Pak Dhe tuanpembual memakai 1vyrain. Kebetulan versi BIOS terpasang masih jadul, jadi bisa skip step downgrade ke versi yang supported.

Berikut step-by-step yang Ngadimin lakukan untuk create bootable, sedikit bertele-tele buat catetan aja.

Creating Bootable Flash Drive on MacOS

  • Download image file di 1vyra.in
  • Via Terminal, convert file iso ke img, run hdiutil convert -format UDRW -o 1vyrain.img 1vyrain.iso
  • Hasil convert otomatis akan mendapatkan tambaan extensi.dmg, rename file ke sebagaimana mestinya, run mv 1vyrain.img.dmg 1vyrain.img
  • Siapkan thumbdrive kosong, run diskutil list untuk melihat list disk yang terpasang, dalam case Ngadimin disk3
  • Run diskutil unmountDisk /dev/disk3
  • Run sudo dd if=1vyrain.img of=/dev/disk3 bs=4m. Tunggu sampai proses selesai
  • Run diskutil eject /dev/disk3

Flashing BIOS

Setelah selesai membikin bootable update BIOS, reset ke optimized default dahulu untuk safekeeping & set boot di mode UEFI.

  • Boot ke thumbdrive yang sudah disiapkan
  • Saat proses boot berjalan, mesin akan memasuki mode sleep diikuti dengan display blank. Pencet power button sekali untuk menyalakan, berikut tampilan layar.
  • Zoom dikit, pilih opsi 1 dan tekan enter untuk memulai proses Flash, tunggu sampai semua proses selesai (done)
  • Press Enter untuk reboot. Saat proses boot akan beberapa kali muncul error log pada BIOS dan beberapa kali reboot. Ignore saja, biarkan autofix berjalan.
  • Masuk ke BIOS dan pastikan tab Advanced sudah muncul di Menu, maka proses flash sudah berhasil.

Kext Atheros AR9285

Setelah proses Flash Whitelist BIOS selesai, test pasang Wifi Card non-whitelisted. Dalam hal ini ngadimin test dengan Atheros AR9285 dan proses booting berjalan normal, POST passed. Tinggal nginstall kext aja kan ya, tapi ternyata tidak semudah itu Ferguso.

Googling sebentar terlihat banyak rekomendasi di forum terkait kext dan cara-cara install, mulai dari copy-paste kext di /Library/Extension baik via terminal/manual dan reload kext cache, install dengan kextbeast, namun sampai saat post ini terbit masih belum menemukan yang pas.

Sedikit pencerahan ada di link Github post Dortania. Ternyata Atheros AR9285 sudah di stop native supportnya sejak versi MacOS Mojave ke atas. Sudah ngikutin beberapa guide namun belum ada hasil. Mungkin kalau ada teman-teman yang bisa bantu boleh banget.

Opsi terakhir bakalan cari card half-mini PCI Broadcom yang supported. Paling tidak dengan effort di atas BIOS sudah unlock jadi bisa test dengan Wifi Card lainnya ke depan.


Sauce removing whitelist

Sauce make bootable on MacOS

Sauce wireless workaround (walaupun akhirnya not work)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *